Tuesday 15 November 2011

Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan, diperlukan berbagai keterampilan. Diantaranya adalah keterampiln membelajarkan atau mengajar.
Keterampilan mengajar merupakan kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Turney (1973) mengungkapkan 8 keterampilan mengajar yang sangat berperan dan menentukan kualitas pembelajaran, yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan vareasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perorangan. penguasaan terhadap keterampilan mengajar tersebut harus utuh dan terintegrasi, sehingga diperlukan latihan yang sistematis, misalnya melalui pembalajarn mikro (micro teaching).
Setiap keterampilan mengajar memiliki komponen dan prinsip-prinsip dasar tersendiri. Berikut diuraikan delapan keterampilan tersebut dan cara menggunakannya agar tercipta pembelajaran yang kreatif, profesional, dan menyenangkan. 
  1. Menggunakan keterampilan bertanya
  2. Memberi Penguatan
  3. Mengadakan Vareasi
  4. Menjelaskan
  5. Membuka dan Menutup Pelajaran
  6. Membimbing diskusi kelompok kecil
  7. Mengelola kelas
  8. Mengajar kelompok kecil dan perorangan
Untuk lebih detailnya disambung pada postingan berikutnya..

Sumber : Dr. E. Mulyasa, M.Pd. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, 2005, Remaja Rosdakarya, Bandung

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar di sini...