Sunday 14 November 2021

Desain Kerangka Merdeka Belajar | Modul 1.1



Desain Kerangka Merdeka Belajar | Modul 1.1- Dalam mendesain kerangka Merdeka Belajar, maka sebaiknya melalui pertanyaan pemantik seperti berikut ini

  1. Pilih satu ‘Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengembangkan kerangka ‘Merdeka Belajar’
  2. Identifikasi sumber daya dan potensi (minimal 3 potensi) yang dimiliki oleh sekolah dan kelas Anda yang mendukung ‘Merdeka Belajar’,
  3. Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut:
    • Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’
    • Profil Pelajar Pancasila:__________(tuliskan profil pilihan kelompok)
    • Kompetensi Pelajar Pancasila: __________ (tuliskan kompetensi yang diharapkan dari Profil Pelajar Pancasila yang dipilih kelompok)
    • Indikator Ketercapaian: ____________________
    • Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:
    1. Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    2. Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    3. Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
    4. Siapakah para pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?
  4. Buatlah desain kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ sesuai dengan kesepakatan kelompok. Desain dapat berupa infografis, poster, animasi, presentasi dll. 
Berikut Desain Kerangka merdeka Belajar Versi saya

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar di sini...