Desain Kerangka Merdeka Belajar | Modul 1.1- Dalam mendesain kerangka Merdeka Belajar, maka sebaiknya melalui pertanyaan pemantik seperti berikut ini
- Pilih satu ‘Profil Pelajar Pancasila’ dalam mengembangkan kerangka ‘Merdeka Belajar’
- Identifikasi sumber daya dan potensi (minimal 3 potensi) yang dimiliki oleh sekolah dan kelas Anda yang mendukung ‘Merdeka Belajar’,
- Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut:
- Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’
- Profil Pelajar Pancasila:__________(tuliskan profil pilihan kelompok)
- Kompetensi Pelajar Pancasila: __________ (tuliskan kompetensi yang diharapkan dari Profil Pelajar Pancasila yang dipilih kelompok)
- Indikator Ketercapaian: ____________________
- Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:
- Apa yang akan dilakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
- Mengapa memilih Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
- Bagaimana mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
- Siapakah para pihak yang terlihat dan bagaimana peran mereka?
- Buatlah desain kerangka filosofis ‘Merdeka Belajar’ sesuai dengan kesepakatan kelompok. Desain dapat berupa infografis, poster, animasi, presentasi dll.
Berikut Desain Kerangka merdeka Belajar Versi saya
No comments:
Post a Comment
Tinggalkan komentar di sini...