Sunday 14 November 2021

1.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’


 

1.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’ - Refleksi terbimbing dilakukan dengan menjawab pertanyaan pemantik berikut: 

1. apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

  1. Menuntun segala kekuatan kodrat anak
  2. Mendidik anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
  3. Pendidikan yang berpihak kepada anak
  4. Menghargai pilihan anak dalam belajar
  5. Konvergensi, pendidikan yang harus memanusiakan dan memperkuat kemanusiaan contohnya gotong royong

2. apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini? 

Saya memiliki kekuatan di sekolah diantaranya yaitu:

Kepala sekolah, Guru, siswa, orang tua siswa, Komite sekolah, Tenaga Kependidikan, Instansi terkait

3. apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?

Yang perlu saya ubah dari diri saya adalah Tekad saya untuk mewujudkan merdeka belajar bagi peserta didik, yang diharapkan dapat melahirkan peserta didik yang memiliki karakter profil pelajar pancasila. 

Salah satu profil pelajar panca sila yang ingin saya wujudkan adalah gotong royong

4. apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara?

Menyusun dan melaksanakan program perawatan lingkungan sekolah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk kompos bersama seluruh warga sekolah

Beberapa pertanyaan yang dapat saya jawab dari kerangka merdeka belajar akan saya tampilkan dalam video pada link berikut

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar di sini...