Saturday 13 November 2021

REFLEKSI TERBIMBING PERAN DAN NILAI GURU PENGGERAK




REFLEKSI TERBIMBING PERAN DAN NILAI GURU PENGGERAK - Dalam kegiatan ini Calon Guru Penggerak merefleksikan diri atas peran dan nilai guru penggerak dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

1. Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Saya tidak suka pembulyan, jadi nilai yang ada dalam diri saya adalah, keramahan, perhatian pada murid, sopan dalam bertindak, santun dalam berkata, berbusana, dan selalu menghargai pendapat murid

2. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Saya merasa nilai diri yang saya miliki belum cukup mampu sebagai modal menjadi guru penggerak. Saya kurang inovatif kurang kreatif. 

3. Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 

Nilai guru penggerak yang sudah saya milik setelah mempelajari modul 1.2 adalah mandiri,  kolaboratif, reflektif, inovatif, dan berpihak pada murid. 

4. Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Diantara lima nilai guru penggerak saya masih perlu menguatkan nilai inovatif. Saya sangat menyadari jika jiwa inovasi saya sangat kurang. Saya perlu belajar banyak dari orang lain. 

5. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Saya merasa siap menjadi guru penggerak, karena peran-peran guru penggerak sebagian besar sudah ada pada diri saya. 

6. Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Saya akan selalu meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri saya agar dapat melakukan peran saya lebih baik. Terutama dalam mewujudkan kepemimpinan murid, dan berkolaborasi dengan guru lain

7. Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Rasa malas untuk keluar dari zona nyaman, kekhawatiran akan munculnya banyak kesibukan, serta rasa egois dan mementingkan kepentingan diri sendiri akan menghambat langkah saya dalam memperkuat peran dan nilai guru Penggerak dalam diri saya. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar di sini...